Bisnis merupakaan kegiatan jula beli barang atau jasa yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebasar-besarnya. Untuk mendapatkan keuntungan dalam melakukan bisnis, terdapat berbagai faktor yang menentukan. Faktor tersebut diantaranya yaitu jumlah modal untuk membangun bisnis, koneksi dengan pembeli maupun dengan rekan bisnis, kreativitas dalam membuat inovasi produk atau layanan, dan manajemen bisnis meliputi manamjemen keuangan serta manajemen sumber daya manusia.
Selain faktor-faktor yang dijelaskan di atas, terdapat faktor yang juga tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis yaitu promosi. Di kehidupan sehari-hari kita sering melihat promosi sebuah produk atau jasa. Biasanya kita sering melihat promosi pada poster yang ditempel di tembok atau menggunakan baliho di pinggir jalan.
Seiring berkembangnya teknologi informasi, promosi produk dan jasa pun semakin mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi yaitu promosi yang dilakukan melalui media sosial seperti pada youtube, instagram, dan twitter.
Media sosial merupakan platform yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk dapet berkomunikasi secara online. Media sosial ini menjadi pilihan bagi pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa. Salah satu contohnya yaitu menggunakan Google Ads.
Alasan mengapa beriklan di media sosial lebih efektif dibandingkan dengan promosi melalui selembaran pamflet atau baliho karena hampir semua orang saat ini menggunakan media sosial. Tentu hal ini akan memperbesar kemungkinan tujuan promosi yang dilakukan akan berhasil. Apabila promosi berhasil maka pebisnis akan memperoleh permintaan produk atau jasa yang ditawarkan.
Selain pemilihan media sosial sebagai sarana promosi yang tepat, berikut beberapa pengaruh promosi yang tepat terhadap keberhasilan bisnis.
1. Promosi Menciptakan Brand Awareness
Brand awareness merupakan istilah yang memiliki arti pengetahuan masyarakat dalam mengenali sebuah simbol atau nama dari sebuah perusahaan. Maka dari itu, dengan dilakukannya promosi target pembeli anda akan mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begitu pemintaan akan produk atau jasa anda akan mengalami peningkatan.
2. Promosi Menciptakan Kepercayaan
Promosi yang dilakukan secara terus menerus akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak akan berpindah ke pihak kompetitor anda. Hasilnya konsumen akan menjadi pelanggan setia produk atau jasa anda, sehingga permintaan akan terus mengalami peningkatan.
Baca juga:
Menggunakan Balon Sablon Sebagai Alat promosi
3. Promosi Membangun Reputasi
Ketika anda telah melakukan promosi dan telah banyak pembeli yang mengenal produk atau jasa anda, langkah berikutnya yaitu membangun reputasi yang baik. Citra atau reputasi yang baik pada bisnis akan memperkuat keinginan pembeli untuk tetap menggunakan produk atau jasa anda. Cara yang tebukti efektif untuk meningkatkan citra yang baik yaitu pada peningkatan kualitas produk dan pelayanan.
4. Promosi Menjangkau Konsumen Lebih Luas
Berbagai macam media dapat digunakan untuk melakukan promosi. Melakukan promosi menggunakan media sosial merupakan salah satu cara yang terbukti efektif menjangkau konsumen. Pebisnis tidak perlu lagi menyebarkan pamfelt promosi, mereka cukup menggunakan platform media sosial.
Dalam melakukan promosi produk atau jasa, pebisnis dapat melakukannya baik melalui pamflet, baliho, ataupun menggunakan media sosial. Namun ada salah satu promosi yang tidak bisa disepelekakan meskipun keberadaannya sudah ada sejak dulu. Yakni promosi menggunakan balon promosi.
Ya, promosi menggunakan balon menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha dari dulu hingga sekarang. Jika Anda menemukan vendor balon yang tepat, Anda bisa sukses promosi dan mendapatkan manfaat – manfaat di atas.
Selain pemilihan media untuk melakukan promosi, pebisnis juga harus menciptakan citra atau reputasi yang baik. Cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan reputasi yang baik yaitu dengan cara meningkatkan kualitas produk dan kaulitas pelayanan kepada pembeli.