balonjakarta – Dunia akan semakin indah dengan dihiasi oleh beragam warna yang ada. Begitupun dengan benda, warna yang ada pada benda mati maupun benda hidup kerap kali menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan benda tersebut memiliki perbedaan dari yang lain.
Berikut fakta menarik mengapa warna sangat berpengaruh dalam kehidupan terlebih dalam penentuan suatu brand atau produk untuk pemasaran.
Peran warna dalam kehidupan
Menurut psikologi warna juga sering kali dikaitkan dengan emosi seseorang. Bahkan masing-masing warna telah memiliki arti dalam hidup. Seperti warna hijau yang sering diartikan sebagai warna alam, lalu warna biru memberikan kesan ketenangan dan tanggung jawab, dan masih banyak lagi.
Memahami efek psikologis dari masing-masing warna sebagai identitas suatu brand atau perusahaan untuk target konsumen yang diinginkan menjadi sangat penting. Banyak orang yang percaya bahwa warna dapat menarik hingga menggerakkan emosi para konsumen untuk lebih semangat dan bergairah.
Itulah mengapa perlu kehati-hatian dalam menentukan warna yang sesuai dengan identitas brand ataupun acara yang akan digelar. Keserasian warna dapat membangkitkan energi yang dapat memicu tujuan perusahaan dalam membranding sebuah produk.
Melihat betapa besarnya peran dan pengaruh dari warna, maka jangan sampai salah pilih jika Anda ingin membuat, mendesain atau memesan sesuatu untuk keperluan pemasaran. Misal saja dengan penggunaan balon gate sebagai alat untuk promosi dengan cara unik.
Cara pilih warna balon gate yang tepat
Sebelum mengarah pada warna yang akan digunakan, susun dan buatlah konsep branding yang sesuai dengan acara yang digelar. Akankah acara tersebut bernuansa hijau agar terkesan lebih asri atau warna orange yang memberikan kesan cerah dan bersemangat. Dan berikut perbedaan warna secara umum sesuai dengan kondisi:
- Warna Hangat
Warna-warna yang bisa dikategorikan sebagai warna yang hangat adalah warna merah, orange dan kuning. Pengaruh warna-warna hangat tersebut dipercaya dapat memberikan rangsangan kebahagiaan bagi orang yang melihatnya.
Warna hangat juga memberikan kesan optimis dan penuh semangat sehingga bisa digunakan untuk brand-brand makanan atau restoran karena bisa memicu reaksi lapar. Contohnya seperti McD atau KFC.
- Warna Dingin
Berbeda dengan warna hangat yang memberikan rangsangan penuh semangat, warna dingin justru dipercaya dapat membangkitkan ketenangan dan kesejukan. Warna-warna yang termasuk warna dingin adalah warna biru, hijau dan ungu.
Warna ini cocok digunakan untuk perusahaan yang ingin menggelar acara bertema lingkungan. Sehingga keselarasan acara dengan identitas brand dapat menambah kesan yang menarik sesuai dengan konsep yang diinginkan.
Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam penentuan warna untuk menunjang promosi produk atau acara dengan menggunakan balon gate. Namun satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah tentang bagaimana suatu brand bisa memainkan perpaduan warna dengan target atau tujuannya.