Mengenal Fungsi, Bentuk, dan Jenis Balon Gate atau Gapura

Kini kebutuhan di kalangan masyarakat terhadap balon gate atau yang lebih populer dengan balon gate atau balon start finish ini semakin meningkat tajam. Balon gapura ini lebih banyak digunakan oleh seseorang pada event perusahaan, organisasi atau bahkan acara pribadi.

Belakangan ini banyak acara yang memanfaatkan balon gate ini untuk acara pesta, Fun Run, gathering, lomba lari marathon, sepeda santai, jalan santai atau kegiatan promosi produk.

Fungsi balon gate

Selain disebut balon gapura balon ini juga di sebut balon start finish. Balon ini memiliki peranan sebagai gapura start dan finish pada sebuah event. Sehingga fungsi keberadaan balon ini sebagai titik awal masuk untuk memulai acara tersebut. Selain itu balon gapura ini juga sering dimanfaatkan sebagai sarana promosi sebuah produk baru yang sedang di pasarkan pada acara tersebut. Contohnya balon gapura yang terdapat logo merek motor, mobil, smartphone dan masih banyak lagi lainnya.

Bentuk balon gapura

Saat ini sudah banyak layanan yang menyediakan tempat sewa balon gate. Maka balon ini dibuat berbagai bentuk sesuai dengan pesanan para pelanggan. Ada yang berbentuk seperti U terbalik, gawang, setengah lingkaran, balon custom dengan berbagai bentuk sesuai dengan keinginan pelanggan.

Jenis balon Gate

Kalau kita melihat dari jenis materialnya maka balon gapura ini memiliki 2 jenis yaitu berbahan PVC dan Terpouline.

1. PVC

Balon gapura berbahan PVC ini merupakan terbuat dari bahan material PVC atau plastic lembaran PVC dan proses perbuatannya menggunakan sistem sambungan lem. Balon berjenis PVC ini biasanya digunakan event yang sifatnya sementara seperti event harian atau hanya berlangsung beberapa hari saja. Jenis balon ini proses pengisiannya hanya di awal saja dan memiliki sifat kedap dan rapat seperti ban. Kelemahannya balon ini mudah bocor ketika proses instalasinya kurang tepat.

2. Terpouline

Balon gate ini terbuat dari material terpouline yang tebal. Produk ini lebih cenderung pada ukuran yang lebih besar mulai dari 9 meter sampai 12 meter. Balon ini memiliki sifat yang lebih awet dan cocok untuk event yang membutuhkan waktu yang lama. Proses pengisiannya menggunakan blower dan harus menyala terus agar balon tetap berdiri kokoh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.